Akibat Pengaruh Negatif Miras, Warga Kerap Lakukan Pelanggaran Hukum

oleh

KATASATU.COM | PALOPO – Salah satu faktor kerapnya terjadi perkelahian di masyarakat, saat warga di bawah pengaruh minuman keras (miras) bahkan tak jarang teman pun menjadi lawan, yang kadang harus berujung pada tindak pidana kriminal dan pelanggaran hukum lainnya. Selasa, (14/08/18)

Guna menekan dan mengantisipasi terjadinya kejadian tersebut, pihak Kepolisian Resort (Polres) Palopo genjar melakukan razia miras, dalam wilayah kerjanya

Olehnya, Sat Sabhara Res Palopo. Senin, 13 Agustus 2018 sekira pukul 13.00 wita sekitar 4 empat orang personil anggota Patmor, menggunakan kendaraan roda dua melaksanakan patroli di wilayah Kec.Wara Utara, Jln Opu Tosappaile, Jln Tandi Pau,Jln, Muh Kasim, dan sekitar samping RS.Bintang Laut.

Dalam giat patroli tersebut, anggota Patmor dari Sat Sabhara, mendapati pengendara sepeda motor sedang membawa 2 cerigen miras jenis Ballo (Tuak), yang berisikan masing masing 20 liter.

tidak sampai disitu, anggota Patmor Sat Sabhara Polres Palopo kembali lanjutan patroli, sekira pukul 13.30 wita di Jln Dermawan, dan lagi menemukan 12 cerigen ballo di rumah kediaman Ibu Nersel, yang berisikan masing – masing 20 liter.

” Menemukan miras saat berpatroli, tindakan yang kami lakukan, adalah mengamankan barang bukti atau apabila pemiliknya rela membuangnya sendiri maka dimusnahkan di tempat, atau di bawa ke kantor Polres Palopo.” Kata Kasat Sat Sabhara, AKP. Sanodding.

AKP. Sanodding menambahkan, para pemilik dari miras tersebut, juga diberikan himbauan agar sekiranya mencari usaha yang lain, karena dampak dari miras dapat membahayakan masyarakat lainnya,  apabila tidak mampu mengendalikan emosi.

” Setelah barang bukti kita amankan, kemudian kita memberikan himbauan kepada pemilik warung ballo agar mencari usahan lain karena dampak negatif dari minuman ballo bisa menimbulkan gangguan kamtibmas, yang kerap berujung pada perbuatan pelanggaran hukum.” Tutup AKP. Sanodding, Kasat Sabhara Polres Palopo.

Sekedar di ketahui, beberapa tahun sebelumnya, kejadian tindak pidana perkelahian, yang kadang menelan korban jiwa akibat pengaruh minuman, seperti tewasnya salah satu security THM, yang berada di Labombo pada September 2015 lalu.

Penulis : Wan