Jum. Jun 21st, 2019

Katasatu.com

Sumber Inspirasi Rakyat

Badan Kesbangpol Kota Palopo Gelar Pendidikan Politik Perempuan

2 min read

PALOPO KATASATU.com  Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Kota Palopo menggelar Pendidikan politik perempuan, yang dilaksanakan di Gereja Sion Palopo. Selasa, 18 Desember 2018.

Kegiatan Tersebut mengangkat tema “Partisipasi perempuan dalam mendukung agenda demokrasi Pemilu serentak tahun 2019.”

Hadir dalam acara itu, Wakil Walikota (Wawali) Palopo Ir. H. Rahmat Masri Bandaso (RMB) diamanahkan membuka kegiatan Pendidikan politik perempuan, yang digelar oleh Badan Kesbangpol Kota Palopo.

Pada kesempatan itu, RMB menyampaikan, kegiatan tersebut, merupakan bagian dari pendidikan politik, dimana diharapkan dapat terlaksana dengan baik, mengingat saat ini, sudah memasuki tahun politik, yang nantinya ada 2 agenda besar yakni, yakni pemilihan legislatif dan Pemilihan Presiden.

” keberhasilan agenda lima tahunan itu, pileg dan pilpres, juga ditentukan oleh peran serta ibu-ibu, apalagi dalam data yang ada di jumlah pemilih perempuan, lebih banyak dari pada pemilih laki-laki,” ungkap RMB.

Lanjut RMB, kaum perempuan perlu ada porsi dan fasilitas tersendiri pada dunia politik, yang saat ini sesuai UU baru diberikan porsi 30%.

Untuk itu, masih RMB, sebagai perempuan harus memiliki pendidikan di bidang politik yang memadai.

“Dalam agenda politik ini perempuan sangat berat. Dari segi komposisi saja perempuan lebih tinggi dari pada laki-laki, dengan itu, kita dari kaum perempuan perlu pengetahuan yang lebih juga.” sambung RMB.

Wawali di periode keduanya ini, juga berharap, pada kompetisi dalam agenda politik ini, tidak boleh ada konflik atau perpecahan di masyarakat. Penegasan ini disampaikan oleh orang nomor dua di Palopo ini, karena paling rawan adalah kaum perempuan.

” biasanya pilihan dari tetangga satu ke tetangga lain berbeda, sehingga menimbulkan konflik, makanya dibutuhkan pemahaman khusus tentang politik pada masyarakat, khususnya kaum perempuan agar paham, serta dewasa dalam berdemokrasi,” harapnya.

Wawali juga menitip pesan kepada kaum ibu-ibu, untuk lebih dewasa dalam berpolitik. Dan kedepan jika terjadi konflik segera koordinasikan kepada RT RW di wilayah masing masing.

Sekedar diketahui kegiatan ini, diikuti sebanyak 85 peserta, kaum perempuan turut dihadiri, Kepala kesbangpol Dr. H. Baso Sulaiman, Lurah Tomarundung Farid Kasim, SSTP, DR. Drg. Drs. Simon Liling, SH., MH., M. Si bersana istri Elizabeth Seru.

Editor : Fatma

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.