Berawal Dari Minuman Ballo Berujung Dengan Penikaman Hingga Bersimbah Darah

oleh

KATASATU.COM | ENREKANG – Nikmati minuman keras (Miras) jenis ballo (tuak) di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang malah berujung pada penikaman, akibatkan korbannya harus dilarikan ke Rumah Sakit (RS) untuk mendapatkan perawatan intensif.

Korban penikaman itu bernama, Sulaiman alias Ambo Cuang (65) Warga Uru Desa Mangkawani, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang ditemukan oleh rekannya bersimbah darah dengan luka yang cukup serius pada bagian lehernya.

Kejadian penikaman itu, di awali adu mulut saat sedang menikmati minuman keras (Miras) jenis ballo, sekira pukul 21.00 wita, Senin 20 Agustus 2018 dirumah Rantong di Jl. Salurama Dusun Cakke Desa Botto Malangga, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan.

Kapolsek Maiwa, IPTU. Anwar SH, begitu menerima laporan akan adanya peristiwa penikaman, dirinya tidak menunggu waktu lama, bersama Kasat Reskrim Polres Enrekang, AKP Abd. Haris Nicholaus lansung terjung ke Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Kecamatan Maiwa.

Dalam keterangannya Kapolsek Maiwa, IPTU Anwar, SH, Selasa 22 Agustus 2018 beberapa hari yang lalu, menuturkan, sebelum terjadi penikaman itu, korban bersama beberapa orang rekannya, yakni,  Kamiruddin, Sulaiman alias Ambo Cuang (korban), Rede, Hendra alias Dadda, Yohannes Alias Yusuf dan Asri secara bersama – sama menikmati miras jenis ballo.

” Untuk informasi sementara yang kami dapatkan, sebelum terjadi penikaman, Kamiruddin, sulaeman alias ambo cuang, Rede, Hendra alias Dadda, Yohannes alias Yusuf dan Asri berkumpul di rumah Rattong Jl. Salurama Dusun Cakke Desa Botto Malangga, Kecamatan Maiwa sambil menikmati miras jenis ballo,” kata Kapolsek Maiwa IPTU. Anwar, SH.

Dikatakannya lagi, IPTU.Anwar,SH Kapolsek Maiwa, pihaknya saat ini masih mendalami, apa penyebab yang membuat, Sulaeman dan Hendra sehingga terjadi adu mulut, yang berujung pada perkelahian.

” Sementara ini kita masih mendalaminya dulu, kita lakukan penyelidikan untuk mengetahui apa penyebab yang membuat Sulaeman dan Hendra saling adu mulut yang berujung pada perkelahian, namun berhasil dilerai, yang selanjutnya Hendra pergi meninggalkan tempat minum ballo, yang tidak lama kemudian disusul oleh Sulaeman.” Ujar Kapolsek Maiwa.

Lebih jauh dikatakan, oleh IPTU. Anwar, teman satu tempat minum ballo, yakni Rede, yang juga telah beranjak dari lokasi pesta miras dalam perjalanannya mendapati Sulaeman tengah berjalan sempoyongan dalam kondisi bersimbah darah.

” Rekan satu tempat minumnya, saudara Rede yang juga hendak pulang, mendapati Sulaeman berjalan sempoyongan dengan kondisi bersimbah darah, sehingga Rede kemudian memanggil rekannya bernama Rantong dan kamiruddin untuk menolong dan membawa Sulaeman ke puskesmas dengan menggunakan sepeda motor,” Terang IPTU Anwar.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, sekira pukul 23.25 wita,  Senin malam (20/08/2018), Sulaeman alias Ambo cuang kemudian dirujuk ke Rumah Sakit (RS) Arifin Numang di Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) di Kecamatan Pancarijang untuk mendapatkan perawatan intensif.

Kasat reskrim Polres Enrekang yang tak mau kehilangan jejak, langsung perintahkan anggota Resmob Polres Enrekang untuk melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penikaman.

Sumber : polresenrekang.id / Editor : Awi