Disdik Luwu Utara Gelar Pelatihan TIK, Koordinator LP3TK Minta Guru Melek IT

LUWU UTARA

KATASATU.COM | LUWU UTARA – Memasuki abad Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat dirasakan kebutuhan dan pentingnya perbaikan dan peningkatan kualitas Pembelajaran.

Melalui Pemanfaatan TIK, kita dapat meningkatkan kualitas SDM dan kualitas pembelajaran, yaitu dengan cara membuka lebar-lebar terhadap akses ilmu pengetahuan dan penyelenggaraan pendidikan bermutu.

Hal tersebut disampaikan Koordinator Widyaswara LP3TK KPTK Gowa, Drs. Muh. Asri, M. Hum dalam kegiatan peningkatan kompetensi tenaga pendidik yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Luwu Utara di Aula Hotel Remaja Masamba, Rabu (07/03/2018).

Muh Asri juga katakan bahwa setiap tenaga pendidik minimal sudah harus miliki pengetahuan dasar tentang TIK, karena bila tidak menguasai hal itu, ia pastikan guru itu nantinya akan bakal ketinggalan.

“Guru dan tenaga kependidikan harus memiliki budaya dan kompetensi TIK. Tanpa itu, maka siap-siap kita akan ketinggalan. Oleh karenanya, guru harus melek akan IT (Information Technology). Hingga saat ini masih banyak guru yang belum bisa menyalakan dan mematikan komputer”, ujar Muh Asri kepada peserta pelatihan.

Masih menurutnya, bahwa peranan guru TIK sangat penting dalam kemajuan dunia pendidikan. Ia juga menjelaskan bahwa setiap sekolah yang menerapkan sistem IT kata dia akan dibebankan kepada guru TIK. Tak hanya untuk guru tetapi juga untuk peserta didik dan tenaga kependidikan.

“Tugas Guru TIK itu sangat penting. Guru TIK inilah nantinya yang akan menjadi penanggung jawab utama sistem sekolah yang ada dengan menggunakan IT. Kemudian Guru TIK ini juga memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pelaksanaan pembimbingan dan pelayanan TIK terhadap peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan”, pungkasnya.

Selain itu, Ia juga menyebutkan bahwa LP3TK (Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan) merupakan instansi pusat, yang mana satu satunya instansi yang bergerak di bidang Pendiklatan di sulawesi selatan.

Koordinator Widyaswara LP3TK KPTK Gowa ini juga berharap bahwa di Tahun 2018 ini seluruh Guru yang ada wajib mengikuti diklat Kurikulum 2013, dan seluruh Sekolah yang ada wajib menggunakan Kurikulum 2013.

Setelah itu, Muh Asri juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara karena dedikasinya terhadap dunia pendidikan. “Saya menyampaikan penghargaan yang luar biasa kepada pemerintah Kabupaten Luwu Utara karena salah satu Pemerintah yang proaktif untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik adalah Kabupaten Luwu Utara”, tandasnya.

Sebelumnya, turut hadir dalam giat pelatihan ini yaitu Asisten III Bidang Administrasi Umum, M. Kasrum, Sekretaris Dinas Pendidikan Muh Azis, serta para peserta yang terdiri dari para Guru, baikitu ditingkat PAUD, SD bahkan SMP.(*)