Ditanya Terkait Peran Serta Fungsinya, Ade Chandra Kasatpol Pp Kota Palopo Hanya Diam

oleh -26 views

KATASATU.COM | PALOPO – Tugas serta kewenangan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Palopo dalam menyelenggarakan  ketertiban  umum  dan  ketenteraman serta perlindungan masyarakat kembali di pertanyakan. Kamis (24/5/2018)

Pada tahun 2015, 2017 dan baru – baru ini bulan Mei 2018, kembali lagi terjadi aksi kejahatan dan kekerasan di Pelabuhan Tanjung Ringgit, Jl. Lingkar Kota Palopo, Sulawesi Selatan, (Sulsel) yang mengakibatkan salah satu pengungjung di keroyok hingga harus dilarikan kerumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Mengantisipasi akan terulangnya kejadian tersebut, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) yang di konfirmasi petang kemarin, Via Whatsapp, terkait Peran dan Fungsinya, sesuai isi Pasal 4 sampai 6, PP Nomor 6 tahun 2010 Tentang Satpol PP. Ade Candra selaku Kasatpol PP Kota Palopo Hanya Diam dan tidak merespon pertanyaan tersebut.

Menyikapi hal tersebut, DPP Bakornas Pwi, Dedy A Ardhan kembali mempertanyakan keberadaan Satpol PP di Kota Palopo, dimana menurutnya tidak sedikit personil yang ditanggung oleh pemerintah yang anggarannya tidak sedikit.

” Dalam Pasal 4, 5 dan 6, PP Nomor 6 tahun 2010 Tentang Satpol PP, sangat jelas dikatakan, jika Tugas, Fungsi dan Kewenangan Satpol PP menyelenggarakan ketertiban  umum  dan  ketenteraman serta perlindungan kepada masyarakat, maka sudah kewajibannya menjaga tempat keramaian, seperti di Jl. Lingkar Lapangan Pancasila dan temat keramaian lainnya.” Terang Dedy A Ardhan.

Menurut Ketua DPP Bakornas Pwi, Satpol PP Kota Palopo bisa melihat di Pantai Losari Makassar dan di Masjid Raya Bandung, serta temapat keramaian lainnya di daerah lain, Satpol PP aktiv lakukan penjagaan dan Patroli.

” Kita bisa lihat dibeberapa tempat, seperti di Pantai Losari Makassar, dan Bandung di sekitaran Masjid Rayanya di jaga oleh Satpol PP, apa nanti ada korban jiwa lagi di Tanjung Ringgit baru mau kasak kusuk, salahkan aparat lainnya, jangan semuanya dibebankan kepada petugas lainnya, tapi lihat dan baca PP nya lalu lakukan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing, jangan berpangku tangan, hanya gerobak warga saja yang ditertibkan.” Tegas Dedy.

Penulis : Wan
Editor : Tma