Empat Saksi Dugaan Korupsi Jalan Lingkar Barat Palopo Berikan Keterangan ke Majelis Hakim

oleh -39 views

PALOPO. Katasatu.com – Kurang lebih satu jam lamanya, empat orang saksi kasus dugaan korupsi Jalan Lingkar Barat, memberikan sejumlah keterangan kepada majelis hakim di Pengadilan Tipikor Makassar. Kamis 6/12/2018

Sidang Tipikor di Kota Makassar itu, diketuai oleh Dr Ibrahim Palino SH MH. Terkait kasus tersebut, Kasi Pidsus Kajari Palopo, Greafik LTK SH MH, saat di konfirmasi, dirinya mengatakan, empat orang saksi yang diperiksa dalam sidang, semuanya dari pihak Dinas PUPR Kota Palopo.

” Ada beberapa poin yang dijelaskan oleh empat orang saksi itu, seperti, sumber anggaran proyek jalan lingkar Barat paket 20, kemudian besar anggaran yang dipergunakan dalam proyek tersebut sebanyak Rp5 milyar yang berasal dari DAK perubahan kota Palopo tahun anggaran 2016,” katanya, Kamis (6/12/18).

Greafik, juga menjelaskan soal perencanaan pekerjaan proyek Jalan Lingkar Barat, sekaitan dengan gambar desain Rencana Anggaran Biaya (RAB), yang merupakan produk dari konsultan perencana.

Untuk kasus Jalan Lingkar Barat, Kasipidsus Kajari Palopo, Greafik mengatakan, Jaksa Penuntut Umum (JPU) menyiapkan saksi sebanyak 22 orang, dan empat orang ahli.

Empat ahli tersebut, dua dari Universitas Hasanuddin Kota Makassar, kemudian dua lainnya, anggota Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Selatan.

“Untuk Sidang di Selasa mendatang, kita akan menghadirkan beberapa orang saksi lagi,” bebernya.

Sekedar diketahui, untuk kasus Jalan Lingkar Barat ini, menetapkan tiga orang terdakwa, mereka masing-masing berinisial, NA selaku kuasa pengguna anggaran pada Dinas PU Kota Palopo, AK sebagai PPK dan SP selaku penyedia jasa konstruksi, mereka ini didampingi oleh kuasa hukumnya dari Kota Palopo, yakni, Hilal S Wahid SH.

Ketiga terduga ini, didakwakan dengan Pasal 2 ayat 1 subsider pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 tentang tindak pidana korupsi Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Penulis / Editor : D3y

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.