Gegara Kerbau Yang Akan Dipotong Mengamuk, Nek Sarce Di Bori’ Jadi Korban

oleh -222 views

KATASATU.COM | TORAJA UTARA. Seekor kerbau yang akan dipotong pada acara kedukaan (rambu solo’) di Kelurahan Bori, kecamatan Sesean, lari dan mengamuk yang mengakibatkan nyawa Nek Sarce (70) tak tertolong lagi. Rabu (9/01/2018)

Pasalnya, saat kegiatan adat rambu solo’ atau prosesi upacara adat bagi almarhum Daniel Tammu, dalam ritual adat dilakukan kegiatan pemotongan kerbau, namun naasnya kerbau tersebut langsung mengamuk dan lari sampai ke desa (Lembang) Bori Ranteletok hingga menabrak serta menginjak Nek Sarce seorang pria tua yang sementara bekerja dikebunnya.

Berdasarkan informasi dari kepolisian bahwa kejadian tersebut terjadi pada hari rabu (09/01/2019) sekitar pukul 08.30 Wita, dimana saat sementara berlangsung prosesi upacara adat Rambu Solo (Kematian) di almarhum DANIEL TAMMU di Tongkonan Kombong Lingkungan Tondok Tanga Timur Kelurahan Bori Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara.

Dan saat itu akan dilakukan pemotongan 1 ekor kerbau oleh keluarga sebagai salah satu tanda bahwa prosesi pesta adat rambu solo dimulai, namun kerbau yang akan dipotong tersebut mengamuk dan lari hingga melintas ke Lembang (Desa) Bori Ranteletok Kecamatan Sesean, hingga menabrak dan menginjak lelaki LAI BOBA (NE’ SARCE) yang berusia 70 Tahun yang sementara mengambil sayur untuk pakan ternak babi dikebunnya.

Adapun korban Nek Sarce adalah warga Paradda Lembang Bori Ranteletok Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara,

Kejadian tersebut dibenarkan oleh MARTEN BALA PASA (62) warga Lembang Bori Ranteletok Kecamatan Sesean dan DAVID KONDA (32) warga Lingkunan Bori Tanga Kelurahan Bori Kecamatan Sesean.

Melihat kejadian tersebut, masyarakat langsung menghubungi Polsek Sesean sehingga Personil Polres Tana Toraja dari Polsek Sesean yakni Kanit Intel Aipda Nasrul. AP bersama Bhabinkamtibas Bripka Hardianto, Bripka Obaya Kadang dan Bripka Purwanto, langsung mendatangi tempat kejadian perkara (TKP).

Dan atas permintaan pihak keluarga yang melakukan kegiatan upacara adat rambu solo, Personil Polsek Sesean melumpuhkan kerbau tersebut dengan tembakan menggunakan senjata laras panjang SKS.

Sumber : Humas Polres Tana Toraja
Editor : Wdn

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.