Gelar Operasi Keselamatan 2018, Satlantas Polres Luwu Utara Tidak Tolerir Pelanggaran Fatal

TNI - POLRI

KATASATU.COM | LUWU UTARA – Jajaran Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Luwu Utara, menggelar Operasi Keselamatan 2018. Giat operasi Keselamatan yang sebelumnya biasa disebut dengan Operasi Simpatik ini digelar Satlantas Polres Luwu Utara di Pasar Bone-bone Kecamatan Bone-bone, Selasa (06/03/2018).

Kasat Lantas AKP Mustari melalui Kaur Bin Ops Lantas, Ipda Mirwan H mengatakan, dalam pelaksanaan Operasi Keselamatan 2018 ini lebih mengedepankan tindakan preventif demi Kamseltibcarlantas (keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalulintas) di Luwu Utara.

“Giat Operasi Keselamatan 2018 ini lebih mengedepankan tindakan preventif, lebih bersifat teguran dan himbauan, namun diutamakan teguran yang bersifat simpatik”, ungkap Ipda Mirwan H ke katasatu.com.

Namun, meskipun lebih menekankan tindakan preventif dan teguran, menurut KBO Lantas ini pihaknya akan tetap memberikan tindakan tegas berupa tilang apabila pengendara di jalan raya melakukan pelanggaran berat.

“Walaupun ini cuma bersifat teguran dan himbauan, kami tidak akan tolerir pelanggaran yang berpotensi menyebabkan fatalitas kecelakaan, seperti tidak pakai helm, lawan arus, tidak bawa STNK maupun SIM, kami akan tindak tegas”, jelas Ipda Mirwan H.

Selain itu, ia juga katakan bahwa semoga dengan adanya kegiatan operasi ini agar para pengendara lebih bisa memahami tentang pentingnya kedisiplinan berlalu lintas serta bisa mencegah terjadinya kecelakaan di jalan raya dan meminimalisasi jumlah pelanggaran lalulintas.

Dengan adanya kegiatan operasi ini, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri juga bisa meningkat dengan terbentuknya opini positif serta citra tertib berlalu lintas, dan juga terwujudnya situasi Kamseltibcarlantas menjelang pelaksanaan Pilkada 2018, tutup Kaur Bin Ops Lantas ini.

Sebelumnya, Satlantas Polres Luwu Utara dalam kegiatan Operasi Keselamatan 2018 tersebut juga memasang spanduk Penyuluhan Keselamatan Ketertiban Berlalulintas dan Sosialisasi UU Lalulintas No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.(*)