Januari Hingga Maret Tujuh Kasus Medsos, Polres Palopo Hindari Jeratan UU ITE

HUKRIM

KATASATU.COM | PALOPO – Satuan Reskrim Polres Palopo telah mencatat sebanyak tujuh laporan kasus pencemaran nama baik melalui media social (Medsos). Terhitung sejak Januari hingga Maret 2018, karenanya Kapolres Palopo AKBP Taswin, SIK, MH menghimbau santunlah dalam menggunakannya guna menghindari jeratan UU ITE.

Tujuh laporan pencemaran nama baik melalui Medsos di aplikasi facebook itu terdiri dari beberapa kategori, yakni. Penghinaan, pencemara nama baik dan prografi.

Kasat Reskrim Polres Palopo AKP. Ardy Yusuf, mengatakan kepada katasatu.com diruangan kerjanya, Kamis (29/03/18) dari laporan yang diterimanya itu rata-rata melibatkan wanita.

“Dari laporan yang kita terima, untuk saat ini, ada beberapa ketegori, Yakni pencemaran nama baik, penghinaan dan pornografi di faceebook, yang rata-rata melibat wanita.” Terang Kasat Reskrim kepada katasatu.com Kamis (29/3/2018).

Ditambahkannya lagi, jika enam kasus saat masih dalam proses penyelidikan, satu tengah menjalani proses persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kota Palopo Sulsel.

” Saat ini kita masih memproses enam kasus, satu tengah menjalani proses persidangan sebentar lagi keluar putusannya,” ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Palopo AKBP Taswin, kembali menghimbau agar masyarakat Kota Palopo berhati-hati dalam menggunakan media social, dimana hal tersebut juga pernah di katakan oleh Kapolda Sulsel Irjen Pol Umar Septono saat kunjungan kerjanya di Luwu Raya.

‘’ Warga Kota Palopo ini kan saudara dan keluarga kita semuanya, karenanya saya mengajak dan menghimbau agar berhati-hati dalam menggunakan media social, santun dan sopan guna menghidari jeritan UU ITE, dan cermat dalam menerima informasi, tidak mudah terprovoksi maupu memprovokasi.’’ Harap Kapolres Palopo.

AKBP Taswin juga, mengingatkan jika penggunaan medsos yang tidak terkonrol akan menimbulkan masalah hukum bagi penggunanya.

“Sudah jelas diatur dalam UU ITE jadi gunakan media sosial dengan bijak dan sewajarnya saja,” tam bahnya.

Penulis : Awi