Kabupaten Sidrap Diguncang Gempa Berkekuatan M 4,2 Dan Tidak Berpotensi Tsunami

oleh -15 views

KATASATU.COM | SIDRAP. Gempa bumi tektonik mengguncang wilayah Kabupaten Sidrap, propinsi Sulawesi Selatan, Selasa (9/10/2018).

Hasil analisis BMKG menunjukan jika gempa pada pukul 09:03:55 Wita tersebut berada pada episenter 3.82 LS- 120.23 BT sekitar 23 km Tenggara Sidrap, Sulawesi Selatan yang berkekuatan M=4.2.

Dan ditinjau dari kedalamannya, gempa bumi ini merupakan gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar  Walanae di wilayah Wajo – Sulawesi Selatan.

Dari i formasi masyarakat ke BMKG wilayah IV Makassar bahwa dampak gempa bumi berupa goncangan  dirasakan di wilayah Palopo, Siwa dan Sengkang dalam skala intensitas I SIG-BMKG  (II – III MMI).

Dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Palopo, Siwa dan Sengkang serta daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh orang banyak, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca bergetar.

Informasi yang diperoleh dari BMKG wilayah IV Makassar hingga saat ini belum ada informasi adanya kerusakan akibat gempa bumi tersebut.

Penulis : Wdn / Editor : Rdk