Kapolda Sumut Kunker di Pancur Batu, Kades Tengah Kagumi Sosok Irjen Pol Agus Andrianto

oleh -20 views

SUMUT, KATASATU.com – Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Agus Andrianto lakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Mapolsek Pancur Batu, yang disambut hangat oleh pemerintah dan masyarakat setempat.

Tiba di Kecamatan Pancur Batu, orang nomor satu di jajaran Polda Sumatera Utara ini, terlihat begitu akrab, saling berinteraksi, bahkan berfoto bersama dengan masyarakat, hal tersebut dikarenakan, jenderal bintang dua ini, ternyata sudah cukup dikenal oleh warga setempat, pasalnya telah puluhan tahun berdinas di wilayah Melayu ini.

Kepala Desa (Kades) Tengah, Eben Ezer Palawi, yang turut hadir dalam penyambutan itu, mengaku sangat kagum akan sosok Irjen Pol Agus Andrianto.

“ Macam ini ternyata bapak Kapolda Sumut, kami tidak takut, dan malahan kami akan senang kalau pejabat tinggi seperti ini, yang begitu dekat dengan masyarakat ,” kata Eben Ezer Palawi, orang nomor satu di Desa Tengah, Kecamatan Pancur Batu, Jumat (7/12/2018).

Kades Tengah, Eben Ezer Palawi, Sebelumnya menduga, jika Kapolda Sumut, Irjen Pol Agus Andrianto, adalah pejabat yang tidak bisa diajak berfoto, ataupun berbincang, namun kenyataannya, Perwira Tinggi (Pati) ini, sangat ramah dan suka berbaur dengan semua kalangan masryakat.

” Saya melihat tadi, setibanya bapak Kapolda di Polsek ini, beliau langsung duduk bersama warga di tikar yang sudah di sediakan, saya kira tadi bapak kapolda tidak mau duduk di tikar, eh ternyata duduk di tikar bersama dengan warga,”katanya

Tak hanya itu, Eben Ezer, juga mengatakan, sosok Irjen Agus Andrianto sangat jarang dijumpai, pangkat dan jabatan yang tinggi, namun senang bercanda bersama masyarakat.

” Sangat jarang dijumpai, pejabat dengan pangkat bintang dua, berbaur, bercanda dan bahkan tertawa bersama semua kalangan masyarakat, tanpa membedakan-bedakan. Yang pastinya kami masyarakat Sumatera Utara bangga dan kagum akan sosok sepertinya,”tuturnya

“Baru kali ini ada Kapolda di Sumut yang seperti ini dan datang ke Pancur Batu ini untuk melihat dan mendengar langsung keluhan masyarakat,” imbuhnya

Eben Ezer juga meminta kepada Kapolda Sumut, agar Kapolsek Pancur Batu, Kompol Faidir Chaniago, tidak dipindahkan, karena menurutnya, perwira menengah berpangkat bunga melati tersebut,  mendengarkan keluhan warganya, bahkan selalu hadir dilokasi, jika terjadi sesuatu peristiwa, apalagi kalau terjadi bencana, seperti tanah longsor.

“Pak jendral tolong, jangan pindahin pak Kapolsek yah. Kompol Faidir Chaniago, selalu turun ke lapangan, tidak hanya mendengarkan informasi dari anggotanya. Lihat saja kalau terjadi longsor, pasti dia turun dan ikut mengurai kemacetan. Makanya kami sebut pak Kapolsek ini Kapolsek Tanah Longsor,” kata Eben yang disambut gelak tawa dan tepuk tangan warganya

Dikatahui pula, sejak adanya program Medan tidak macet, dengan melakukan penataan terhadap PKL, Eben menuturkan, Kecamatan Pancur Batu yang merupakan daerah lintasan, mulai terlihat ada perubahan, seperti kemacetan, sudah mulai terurai dan rapi. Eben juga berharap, agar pembenahan terus dilakukan dan dipertahankan, sekalipun bukan tugas pokok Polri.

” Sekalipun, tidak semua menjadi tugas dan kewenangan utama Polri, tapi kami berharap hal yang bagus sekiranya dipertahankan,”tutupnya.

Sementara itu, Irjen Pol Agus Andrianto mengaku cukup senang juga salut kepada masyarakat yang telah ikut membantu mewujudkan programnya, dalam menciptakan Kota Medan tidak lagi menjadi macet, bersih, aman dan damai. karena semuanya semata-semata melaksanakan program Nawa Cita Presiden RI Ir. Joko Widodo.

“Saya sudah berjanji dan menyatakan berulang kali, jika hidup dan jabatan, serta pangkat saya, sekarang ini saya wakafkan untuk memperbaiki Kota Medan dan umumnya Sumatera Utara,” katanya.

Irjen Agus Andrianto, juga meminta masyarakat untuk membantu tugas dan program Polri, agar polisi menjadi Promoter yang melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat. Seperti, bersama-bersama menciptakan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat luas, memberantas narkoba, mengatasi kemacetan, menertibkan Pos Polisi dan baliho yang berdiri dijalur hijau, yang tidak memiliki izin. Serta memberantas premanisme yang selalu merugikan dan menakut nakuti masyarakat.

“Kalau Sumatera Utara ini aman, damai dan tentram, maka bukan hanya Polisi, semua masyarakat akan senang. Bekerja senang, beraktifitas senang, ekonomi berjalan dan juga investor akan berdatangan,” pungkasnya

Sekedar diketahui, dalam kunjungannya kali ini, Kapolda Sumatera Utara, juga memberikan bantuan sembako dan baju sahabat Polisi Medan, kepada ratusan masyarakat. Turut serta dalam rombongan tersebut, yakni, Dir Krimum Kombes Andi Rian, Dir Intel Kombes Dedi Kusuma Bakti, Dir Binmas Kombes Pol Yusuf Hondowantri, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja dan Kabid Propam AKBP Yofie Girianto Putro, Kasat Intel Polrestabes Medan AKBP Masana Sembiring ,Msi .

Laporan : Leo Depari / Editor : D3y