KPU Palopo Ikuti Orientasi Tugas Untuk Gelombang IV di KPU RI

oleh

PALOPO. KATASATU.COM – Agar dapat menjalankan fungsi juga wewenangnya, dalam penyelenggaraan Pemilu 2018-2019 dengan baik, ditingkat kabupaten/kota, hingga skala nasional. Lima Komisioner KPU Kota Palopo, ikut kegiatan Orientasi Tugas.

Lima komisioner KPU Kota Palopo Periode 2018-2023 Gelombang 4, yang ikut kegiatan orientasi tugas yakni Abbas, Abdul Haris Mubarak, Abdullah Jaya Hartawan, Ahmad Adiwijaya, Iswandi Ismail dan Sekretaris KPU Palopo Mansyur.

Kegiatan Orientasi Tugas itu,  dilaksanakan oleh KPU RI, mulai 30 Oktober sampai 3 November 2018 di Jakarta. Dan diisi panel anggota KPU RI juga Sekretariat Jenderal KPU, Bawaslu serta DKPP

Adapun modul atau bahan dalam orientasi tersebut antara lain, nilai dan prinsip pemilu yang bebas juga adil, hingga gender juga disabilitas dalam penyelenggaraan pemilu mendatang.

Kemudian, etika para penyelenggara pemilu, sistem pemilu di Indonesia, tahapan pemilu, perencanaan strategis, tata kelola internal, mekanisme pengambilan keputusan, pemahaman aktor, juga isu pemangku kepentingan kepemiluan dan pengelolaan.

Selanjutnya, penyelesaian pelanggaran hingga sengketa pemilu serta strategi advokasi penanganan kasus.

Divisi SDM dan Parmas, Abdullah Jaya Hartawan saat di hubungi Via telpon selularnya, membenarkan akan keberangkatan komisioner dan sekertaris KPU Palopo tersebut.

“ Iya benar, kami akan berangkat bersama beberapa daerah di Sulsel untuk mengikuti kegiatan orientasi tugas KPU kabupaten/kota yang dilaksanakan oleh KPU RI , “ kata Jaya Hartawan, mantan Jurnalis di Luwu Raya ini, Senin, (29/10/2018) pagi.

Menurut mantan jurnalis di Luwu Raya ini, dilaksanakannya kegiatan orientasi tersebut, juga untuk menghadirkan penyelenggara yang menjalankan tugas dengan mandiri, jujur adil dan berkepastian hukum dalam pelaksanaan pemilu yang berkualitas.

Sekedar diketahui, sedikitnya ada lima daerah pada gelombang ke empat di Sulsel, yakni Kota Palopo, Luwu Timur, Luwu Utara, Soppeng dan Selayar, dimana sebelumnya sebelas kabupaten saat gelombang ketiga, Gowa, Takalar, Bantaeng, Bulukumba, Maros, Pangkep, Barru, Sinjai, Bone, Tana Toraja dan Toraja Utara.

Sumber : KPU Palopo / Editor : Fatma