KSP Balo’Ta Gelar RAT di Toraja Utara di Hadiri 220 Peserta

oleh

KATASATU.COM | TORAJA UTARA – Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Balo’ta berlangsung di Hotel Heritage Rantepao Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel) sejak 27 s/d28 Maret 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Tana Toraja, Dandim 1404, Kapolres Tana Toraja, Kepala Bidang Pengawasan Koperasi, UKM Propinsi Sulsel, Direktur Lembaga Peminjaman Dana Bergulir ( LPDB ) dari Jakarta, Kepala Dinas Koperasi Tana Toraja Dan Toraja Utara. Pimpinan KSP Marendeng dan CU Saung Sibarrung.

Pembukaan RAT KSP Balo’ta diawali dengan acara Meoli yang merupakan ciri khas masyarakat Toraja, sebagai pesan semangat dan ucapan syukur untuk perkembangan KSP Balo’ta hingga sekarang.

Dalam laporan Ketua Panitia RAT Tahun 2018, Dedy Bongga menyampaikan biaya RAT Balota, bersumber dari RAPB Tahun buku 2018, yang diikuti oleh 220 peserta, terdiri dari utusan, pengurus, pengelolah, kepala cabang dan undangan. Saat ini KSP Balo’ta telah berada di 5 propinsi dengan jumlah 40 cabang,  terdiri dari 66 kelompok.

‘’ Untuk biaya RAT Balota, bersumber dari RAPB 2018, diikuti 220 peserta, terdiri dari utusan, pengurus, pengelolah, kepala cabang serta undangan, yang juga saat ini KSP Balo’ta telah hadir di lima propinsi sebanyak 40 cabang, didukung  dari 66 kelompok.’’ Kata Dedy Bongga.

Demikian halnya ketua KSP Balota, John, dalam sambutannya,mengatakan, indicator KSP Balota semakin berkualitas dan meningkat, itu dikarenakan berkurangnya usul dari kelompok.

‘’ Usul yang masuk lebih menitik beratkan pada subtansi yang harus dikerjakan oleh KSP Balota sesuai dengan amanah RAT Tahun 2017, seperti perluasan jaringan pelayanan, kesadaran akan hak dan kewajiban untuk peningkatan kesejahteraan anggota dengan mendorong pengurus untuk berimprovisasi agar kesejahteraan anggota semakin meningkat dan penurunan suku bunga.’’ Terang Jhon.

Saat ini prestasi KSP Balota mengalami kenaikan aset 15% di tahun 2018, atau ada penambahan asset 66 Milyar. RAT 2018 dibagi dalam dua sesi yakni sesi I Laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas serta membahas rancangan kerja, sedang sesi II adalah RAT khusus yang membahas tentang peraturan khusus. RAT khusus dibuat oleh tim khusus guna membahas restra KSP tahun 2018 s/d 2028 dengan tujuan mewujudkan KSP yang mengglobal.

Pembenahan ITE yang terintegrasi dengan bekerja sama PT. Telkomsel Indonesia. KSP Balota mengajukan pinjaman 55 M kepada LPDB dan menawarkan diri sebagai chanelling bagi LPDB.

Kabid UKM dan Koperasi Propinsi Sulawesi Selatan membuka RAT KSP Balota dengan resmi, serta melakukan 5 kali ketokan palu dengan alasan bahwa KSP Balota independen dan tidak ingin menimbulkan persepsi  / dugaan adanya dukungan pada calon gubernur dan wakil gubernur sulsel

Direktur LPDB dari Jakarta, Kementerian koperasi dan UKM memiliki reformasi rehibilitasi koperasi, re orientasi koperasi dan perkembangan koperasi dengan paradigma baru.

“ Bagaimana perubahan pelayanan LPDB diprioritaskan sehingga jangka waktu  proses peminjaman kini tinggal 21 hari setelah semua syarat terpenuhi. Indikator memberikan pinjaman adalah tidak pernah telat membayar pinjaman sebelumnya.” Ucap Direktur LPDB Jakarta.

Penulis : AR / Editor : AWI