Layanan Rawat Inap di PKM di Pertanyakan, Dinkes Palopo Belum Dapat Menjelaskan Secara Detail

oleh

KATASATU.COM | PALOPO – Pelayanan kesehatan masyarakat Rawat Inap di sejumlah Puskesmas yang ada di Kota Palopo, Sulawei Selatan (Sulsel) mulai dipertanyakan eksistensinya dalam memberikan pelayanan Gawat Darurat 24 Jam.

Layanan kesehatan Unit Gawat Darurat 24 Jam, dibeberapa Puskesmas di Kota Plopo dinilai vakum, itu dibuktikan pada hari Sabtu malam ( 5/5/18) sekitar pukul 21:00 Wita di Puskesmas Sendana, Mungkajang dan di Puskesmas Wara Kota.

Mempertanyakan hal tersebut, saat dikonfirmasi salah satu Kepala Puskesmas di Kota Palopo
Mengatakan, jika pelayanan rawat inap dilihat dari Sumber Daya Manusianya (SDM) juga fasilitas yang ada.

 

” Yang jelasnya Pak untuk PKM yang buka 24 jam, dilihat dari SDM dan Fasilitas yang ada, terkait dengan PKM yang buka kita konfirmasi Pak Kadis.” Ucap salah satu Kepala Puskesmas yang ada di Palopo, Via Whatsapp.

Sementara itu Kepala Dinas (Kadinkes) Kota Palopo, dr Ishak Iskandar kepada katasatu.com juga mengatakan jika pelayanan 24 jam atau rawat inap, masih tetap berjalan, namun sayangnya, orang nomer satu di kesehatan Pemkot Palopo itu, tidak memberikan keterangan secara detail, terkait pelayanan, jumlah tenaga jaga, dan juga regulasi resmi izin praktek para tenaga medis.

” Masih lanjut, untuk Puskesmas Wara Kota, IGD nya ada di gedung belakang, bahkan ada juga rawat inap persalinannya.” Kata dr Ishak via pesan Whatsapp.

sayangnya penjelasan detail terkait, izin jam kerja praktek bagi tenaga medis, dan berapa jumlah yang stanby berjaga untuk melakukan pelayanan 24 jam di Puskesmas, hingga saat ditayangkannya berita ini belum dapat dijelaskan oleh kepala Dinas Kesehatan Kota Palopo.

Namun meski demikian, dr Ishak memberikan kontak telfon stafnya, Kepala Bidang Yanfar, Ibu Ratna, guna konfirmasi lebih lanjut, berhubung ada agenda lain yang masih di fokuskan olehnya, namun lagi-lagi nomer celular tersebut, tidak dapat dihubungi, dengan nada panggil nomer tidak terdaftar.

Penulis : Hs / Awi