Malang Melintang Jabat Ketua Partai di Tingkat DPC, Zirmayanto Mantap Nyaleg di Provinsi

oleh

KATASTU.COM | PALOPO – Jauh sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) di Indonesia menganut sistem suara terbanyak, aturan ini sudah pernah berlaku di Kota Palopo, yakni di era H Zirmayanto menjabat sebagai Ketua DPC Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palopo.

Saat mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) 2004, Zirmayanto saat itu menduduki posisi ketua PAN, dimana kala itu telah memberlakukan perolehan suara terbanyak bagi calon anggota legislatif (caleg)-nya untuk duduk di gedung DPRD.

“Saya ketua parpol pertama menerapkan suara terbanyak Pemilu di internal PAN Palopo,” terang Zirmayanto, Minggu (19/8/2018).

Zirmayanto yang merupakan Notaris/PPAT senior di Palopo dikenal piawai dalam mengurus parpol. Sebelum bergabung di Gerindra pada Pemilu 2014, ia pernah dua kali menduduki jabatan ketua partai di Palopo.

Kiprah pertamanya dalam politik, Zirmayanto jalani di PAN, setelah satu periode memimpin PAN Palopo. Saat Pileg 2004, PAN berhasil mengamankan dua kursi di DPRD.

Usai di PAN, sepak-terjang politik Zirmayanto lanjut ke Partai Demokrat, dan kembali menjabat Ketua DPC Partai Demokrat Palopo, yang masa itu, kembali berhasil mendudukkan dua kadernya di kursi legislatif lewat produk Pemilu 2009.

Malang-melintang di beberapa parpol yang saat itu berkuasa di eranya masing-masing, kini sosok Zirmayanto mantap memilih Partai Gerindra sebagai pelabuhan terakhir.

Di partai yang diketuai H Prabowo Subianto di tingkat DPP itu, Zirmayanto dipercaya sebagai Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Sulawesi Selatan.

Bersama Ketua DPD Partai Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani (IMB), Zirmayanto siap membesarkan Gerindra serta mengantarkan Prabowo Subianto sebagai Presiden RI dan membawa Gerindra memenangkan Pemilu 2019.

Sukses mengorbitkan beberapa kader di parpol yang pernah ia pimpin ke kursi dewan, kini saatnya Zirmayanto terjun ke gelanggang politik dengan menjadi Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD Provinsi Sulawesi Selatan mewakili Daerah Pemilihan (Dapil) 11 Sulsel (Kota Palopo, Kabupaten Luwu, Luwu Utara, dan Luwu Timur).

Nahkodai Partai Gerindra pada Pileg 2019, Zirmayanto menggunakan nomor urut 2, yang secara kebetulan, nomor urut itu sama dengan nomor urut Partai Gerindra di Pemilu 2019, yakni sama-sama nomor urut 2.

Penulis : Rls / Editor : Fatma