Ngopi Bareng Bersama Media, Kapolres Luwu Instruksikan Ini

oleh

KATASATU.COM | BELOPA – Kapolres Luwu, AKBP Dwi Santoso menginstruksikan beberapa hal kepada segenap jajarannya ketika menggelar ngopi bareng insan media dan jajaran Polsek se Kabupaten Luwu di Belopa, Kamis pagi tadi (12/4/18).

Dalam suana penuh keakraban dan diwarnai canda tersebut Dwi mengatakan bahwa ada beberapa hal yang perlu dicermati dan dilaksanakan segenap jajara Polri dimanapun berada. Khususnya bagian humas, Reskrim, Satnarkoba dan Polsek. Pertama, mengedepankan penangangan hukum secara preventif, menjalin koordinasi yang baik dengan insan media, dan mewujudkan Kamtibmas di wilayah masing-masing. “Ini atensi pimpinan. Tujuannya tak lain adalah guna mengedukasi dan mewujudkan Kamtibmas di masyarakat,” tutur Dwi pagi tadi.

Peran media, sebutnya, sangat membantu kerja-kerja kepolisian selama ini dalam memberikan edukasi hukum ke masyarakat. Langkah itu ikut membantu dalam menekan angka kriminal. “Jadi, disampaikan ke teman-teman di semua jajaran untuk terbuka dalam memberikan informasi untuk dipublikasikan ke masyarakat. Tentunya dengan sesuau koridor guna memberikan pembelajaran dan khususnya keamanan bagi masyarakat. Jangan sampai karena pemberitaan membuat panas di semua lini. Makanya, saya juga selalu meminta masukan dari teman media. Take and give. Jangan pelit memberikan informasi ke teman media,” imbaunya.

Selain itu, Dwi juga menginstruksikan kepada segenap jajaran Polsek agar mengintenskan kegiatan ibadah, gotong royong, dan sosialisasi hukum. “Mari kita ramaikan tempat ibadah. Berikan imbauan ke masyarakat guna meningkatkan ibadah dan edukasi penegakan hukum. Kita intens berikan sosialisasi, namun apabila ada yang harus ditindak secara hukum, tetap kita jalan sesuai ketentuan. Saya juga berterima kasih ke rekan media atas kerjasama yang baik selama ini. Kita komunikasikan dengan baik setiap perkembangan yang terjadi ke depan. Kita ingin masyarakat memahami bahwa polisi mengedepankan kerja preventif dalam menyikapi perkembangan Kamtibmas,” harap Dwi.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Luwu, AKP Faisal Syam yang mendampingi menambahkan bahwa sepanjang triwulan pertama tahun ini, pihaknya mampu menekan angka kriminalistas. “Triwulan pertama 2017 angkanya menembus 90-an kasus. Awal 2018 ini, alhamdulillah turun drastis ke angka 70-an kasus. Ini berkat upaya preventif yang kita intenskan selama ini. Salah satunya, kontinu partoli di semua Polsek setiap hari ini,” kata Faisal. (**)