Panwascam Se-Toraja Utara Kembali Dibekali Produk Hukum Terkait Pengawasan Pemilu 2019

oleh -47 views

TORAJA UTARA, KATASATU.com Bawaslu Toraja Utara menggelar rapat Fasilitasi dan Koordinasi Pelaksanaan Produk Hukum Dalam Rangka Pemilu 2019, yang digelar di hotel Hiltra Rantepao, Selasa (12/3/2019).

Rapat yang digelar Bawaslu ini dihadiri oleh 2 anggota panwascam dan 1 staf dari setiap kecamatan  di Toraja Utara yang dihadiri juga oleh Bawaslu kabupaten Toraja Utara bersama Bawaslu propinsi Sulawesi Selatan yang sekaligus membuka resmi rapat tersebut.

Menurut komisioner Bawaslu propinsi Sulsel Divisi Hukum, DR. Adnan Jamal, SH.MH bahwa sampai saat ini Bawaslu Torut di Sulsel masih on the track karena kerja – kerjanya masih sangat jelas terlihat bagus.

Dalam materi yang ditekankan pada analisis hukum terkait UU No 7 Tahun 2017 dan Relevansinya dengan Tugas Dan Wewenang Pengawas Pemilu.

DR. Adnan Jamal juga menjelaskan jika karakteristik hukum di Indonesia karena sifatnya berjenjang dimana aturan tidak begitu bertentangan dengan aturan diatasnya ataupun undang-undang RI 1945.

Olehnya itu pelanggaran pemilu ditangani secara khusus karena tindak pidananya adalah di atur khusus dalam UU Nomor 7 Tahun 2017.

Pengawasan yang terpenting dilakukan oleh pengawas adalah melakukan pencegahan pelanggaran dan sengketa .

Penulis : Wdn
Editor : Rdk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.