Panwaslu Konawe Tangani 12 Laporan, 6 Kasus Keterlibatan ASN

oleh

KATASATU.COM | KENDARI – Sejak dilantik pada bulan Agustus 2017 Panwaslu Konawe, sepanjang tahun 2017 telah menangani 12 Laporan dan temuan, 8 diantaranya telah keluar status laporan/diputus, 4 laporan lainnya On Progress.

Dari sebanyak 12 temuan dan laporan itu, 6 diantaranya, soal pelanggaran asas netralitas ASN di Kabupaten Konawe, yang diduga kuat terlibat atau dilibatkan dalam Kegiatan atau menudukung salah Satu bakal pasangan calon (Bapaslon) baik itu Gubernur atau Bupati.

Sementara 6 kasus lainnya, terbagi 2 bagian, yakni, 4 Pelanggaran terkait KPU dengan uraian 3 diantaranya adalah Soal dugaan pelanggaran administrasi KPU dalam perekrutan Badan Adhock (PPK dan PPS) semntra 1 lainnya adalah soal Gugatan Posisi KPU.

Banyak kasus yang di laporkan dan juga temuan Panwaslu Kabupaten Konawe. Koordinator Hukum dan Penanganan Pelanggaran, Indra Eka Putra, SH mengungkapkan, kasus netralitas ASN adalah yang paling dominan, meski sebelumnya telah ada surat himbauan ditujukan terhadap para PNS lingkup Konawe untuk tidak terlibat dalam politik praktis.

“Sejak dilantik, Kami telah mengingatkan para PNS lingkup Pemda Konawe melalui surat himbauan untuk netral dan tidak terlibat politik praktis, tapi masih ada saja yang nakal”. ungkapnya

Menurut Mantan Ketua Umum BADKO HMI Sultra ini, selain sosialisasi masif yang telah dilakukan oleh Panwaslu di 23 kecamatan Se Kab. Konawe, Ia Juga menegaskan pihaknya terus berkoordinasi dengan Seluruh stakeholder terkait persoalan ini.

“Alhamdulillah beberapa hari lalu Panwaslu dan Polres Konawe, melalui Pak Kapolres AKBP. Ilham Akbar, S.IK telah sepakat untuk menginisiasi Kegiatan rakor terpadu bersama seluruh Institusi diawal Tahun 2018. Dalam kegiatan tersebut akan Melibatkan Beberapa perwakilan tokoh masyarakat, Tokoh Agama, KPU, Pemda, Kejari, TNI sebagai BKO Sekaligus PANWASLU DAN POLRI itu sendiri, mengingat 2018 ini adalah Tahun Politik bukan hanya Pilkada tetapi juga Pilpres di 2019. Tutupnya

Penulis : JNN
Editor : Awi JOIN Palopo