Pemkab Lutim Salurkan Program Bantuan Sosial Pangan Non Tunai

oleh

KATASATU. COM | LUWUTIMUR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur (Lutim) Sulawesi Selatan (Sulsel) menyalurkan Program Bantuan Sosial (Banso) Pangan Non Tunai (BPNT).

Program tersebut mulai diterapkan di seluruh Indonesia,termasuk di Pemkab Lutim melalui Dinas Sosial dalam rangka meningkatkan efektivitas dan ketetapan sasaran, serta mendorong keuangan inklusi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Sosial, Sukarti mengatakan, tujuan pemerintah menerapkan kebijakan tersebut agar penyaluran bantuan diterima tepat sasaran, jumlah maupun waktu, dengan demikian diharapkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memperoleh sepenuhnya bantuan yang diberikan. Senin (22/10/2018) diruang aula Kantor Kecamatan Malili.

“Jadi Pemerintah anggarkan sebesar Rp 110 perbulan dalam bentuk beras dan telur (natura) atau mau telur saja atau beras saja semua, tergantung kebituhanya, dan harus di sesuai dangan harga pasar yang ada di warung -warung terdekat,” kata Sukarti.

Sukerti menambahkan, Pemerintah berharap agar dana itu beredar di masyarakat tanpa pandang bulu atau daerahnya, agar semua dapat dan merata.

Lanjut Sukerti, dengan adanya program ini, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terlebih lagi transaksinya pun sudah terintegrasi melalui elektronik yang telah disesuaikan dengan data, sehingga dapat memudahkan KPM untuk menerima bantuan.

Sebanyak 12.877 kepala keluarga di Kabupaten Luwu Timur yang berhak menjadi penerima manfaat, yang mana PKM sebelum terdaftar dan menyusul dengan tambahan kk yang baru.

Penulis : Anto Ussu / Editor : Fatma