Katasatu.com

Sumber Inspirasi Rakyat

Peringati Tahun Baru Islam, Pemkab Luwu Utara Gelar Berbagai Kegiatan Religius

2 min read

LUWU UTARA, Katasatu.com – Bertempat di pelataran eks Kantor Samsat Luwu Utara berlangsung kegiatan pembukaan Semarak Muharram 1440 H/2018 M Kabupaten Luwu Utara, Senin (10/9/2018).

Kegiatan ini mengangkat tema “Tingkatkan Iman dan Taqwa, Kokohkan Ukhuwah Menuju Masyarakat Luwu Utara yang Religius”.

Kegiatan yang diselenggarakan Bagian Kesra Sekretariat Daerah Luwu Utara ini dihadiri Wakil Bupati Muh. Thahar Rum, Sekretaris Daerah Luwu Utara Ir. H Abdul Mahfud, Ketua Tim Penggerak PKK Enny Thahar, Para Kepala Perangkat Daerah Luwu Utara, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Sebagai ketua panitia, Kadis DP2KUKM Luwu Utara, Drs. H Muslim Muchtar katakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperingati tahun baru hijriah 1 Muharram 1440 H dengan kegiatan yang positif dan islami serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Giat ini untuk meningkatan syiar islam dalam wilayah Kabupaten Luwu Utara serta menjalin tali silaturahmi sesama ummat beragama. Kemudian untyk mengajak seluruh masyarakat agar mensukseskan visi dan misi Kabupaten Luwu Utara 2016-2021 yaitu mewujudkan masyarakat yang religius,” papar Muslim.

Sementara itu, dalam sambutannya, Wakil Bupati Luwu Utara, Muh Thahar Rum menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah moment untuk mengenang peristiwa hijrah Rasulullah SAW dan para sahabatnya dari makkah ke madinah yang merupakan tonggak sejarah yang monumental dan memiliki makna yang sangat berarti bagi setiap muslim.

“Hijrah mengandung semangat perjuangan tanpa putus asa dan rasa optimisme yang tinggi yaitu semangat berhijrah dari hal-hal yang buruk kepada yang baik, dan hijrah dari hal-hal yang baik ke yang lebih baik lagi. Hijrah juga mengandung semangat persaudaraan, seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW,” kata Thahar.

Lebih lanjut Thahar tuturkan bahwa makna hijrah yang perlu diimplementasikan dimasa sekarang ini yakni meningkatkan iman dan taqwa, mengokohkan persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Diketahui, kegiatan ini di awali dengan penampilan qasidah sholawat dari binaan bagian kesra setda kabupaten luwu utara dan qasidah rabbana dari TK Nurul Masita Sabbang.

Penulis : Hms / Ari S Laupe