Rospita N Biringkanae Bangun Kampung Dengan Membentuk Kelompok Tenun di Tana Toraja

oleh

KATASATU.COM | TANA TORAJA, MAKALE – Ketua Deskranasda Rospita N Biringkanae Gencar membentuk kelompok di Tana Toraja guna memproduksi kain tenun dari bahan khas asli Toraja yang bernilai ekonomis tinggi di sebuah lembang (desa), dimulai sejak Tahun 2016.

Rospita mengatakan jika kegiatan tersebut telah sukses membentuk beberapa kelompok  di Lembang Tonglo, Kecamatan Simbuang.

” Kita telah membentuk kelompok tenun sejak Tahun 2016, kami berinama masing-masing Kampung Tenun Tonglo, kampung tenun simbuang dan kelompok Tenun Mappak, sementara di Tahun 2017 kampung tenun yang terbentuk diantaranya kampung Tenun Malimbong, kampung Tenun Saluallo, dan kampung Tenun Sangalla.” Ucap Rospita.

Tujuan dibentuknya kampung tenun ini adalah untuk menunjang pertumbuhan industri pariwisata di Kabupaten Tana Toraja, dimana kain tenun adalah salah satu bahan kain khas Toraja yang dicari oleh wisatawan baik lokan dan mancanegara.

Sebagaimana di ketahui bahwa Industri pariwisata di Kabupaten Tana Toraja akan maju jika ditunjang berbagai kerajinan tenun, selain kopi sebagai produk unggulan.

Model yang dipakai dalam kampung tenun adalah  “one village one produk” guna mempermudah setiap rumah tangga atau kelompok  industri tenun, dalam bekerjasama dengan rumah tangga industri lainnya, seperti kopi  agar saling melengkapi.

Meski kampung berbeda dengan produk kerajinan yang sama ,tetap terjalin kerjasama yang baik, sehinggah, jika mereka kekurangan bahan baku, peralatan, bahkan pekerja, mereka dapat saling membantu sesama kelompok, Ini adalah salah satu cara mempertahankan kesinambungan produksi tenun, Kopi dan produk lainnya .

Dengan cara seperti ini maka kelompok tenun dalam pembangunan Lembang (desa) dapat terwujud, berarti masalah makro ekonomi dalam jangka menengah maupun panjang dapat diselesaikan dengan baik yang pada akhirnya pertumbuhan ekonomi yang optimal dan berkesinambungan akan tercapai untuk sebesar-besarnya kepada kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Rospita berharap agar wilayah lembang dapat semakin unggul dan sejahtera dengan memanfaatkan juga memajukan kampung tenun.

“semoga wilayah lembang (desa) akan semakin unggul dan sejahtera dengan memanfaatkan serta memajukan kampung tenun di wilayah Kabupaten Tana Toraja.” Tutur Rospita.

Rospita juga mengatakan jika Pemda Tana Toraja melibatkan dua Dinas dan Bank BNI Wilayah Makassar guna memfasilitasi para kelompok penenun.

” Pemda Tana Toraja melibatkan dua Dinas, yakni untuk pelatihan penenun melalui Dinas Perdagangan dan perindustrian ,dan untuk alat dan bahan tenun difasilitasi oleh Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja serta Bank BNI Wilayah Makassar juga terlibat untuk membantu memberikan CSR kepada kelompok kampung tenun tersebut,” kunci Rospita (mg5)