Rumah Koran Jadi  Domine Frans Seda Awards 2018

oleh

GOWA, KANREAPIA, Katasatu.com – Melalui Gerakan Cerdas Anak Petani, Rumah Koran terpilih sebagai nomine frans Seda Awards 2018, kategori pendidikan.

Salah satu rutinitas dalam upaya memberantas buta aksara di Kanreapia Kecamatan Tombolopao, Kabupaten Gowa, Rumah Koran yang didirikan oleh Jamaluddin Abu, melahirkan program, belajar di gunung, kebun dan baca buku di Sungai.

Menguji kemampuan, para anak petani, tenaga pendidik mengararahkanya untuk membaca tulisan yang ada pada dinding Rumah Koran.

” Anak-anak petani biasanya berkumpul di hari minggu, mereka kita arahkan membaca buku serta tulisan yang tertempel pada dinding Rumah Koran. Setelah itu kita uji kemampuannya menulis berita yang telah mereka baca,” ujar Jamaluddin Abu

Jamaluddin yang yang saat ini telah menyandang gelar Master Manajemen (MM) Strata Dua, alumni dari salah satu Universitas ternama di Kota Makassar ini, tidak hanya mendidik anak petani di Rumah Koran namun juga sesekali mengajak ke kebun juga di tepi sungai.

” Dengan menggunakan roda empat, Mobil Pick Up, sesekali kita ajak adik-adik belajar dialam terbuka, seperti dilahan kebun juga di sungai, ” tambahnya.

Diketahui, Frans Seda Awards 2018, adalah penghargaan yang dirintis oleh Yayasan Atma Jaya setiap dua tahun sekali untuk terus menggelorakan semangat tokoh Frans Seda kepada seluruh rakyat Indonesia khususnya tokoh muda inspiratif agar terus mengabdi pada bidang pendidikan dan kemanusian bagi bumi pertiwi.

Frans Seda Awards diberikan khusus kepada 2 orang insan muda Indonesia, yang usianya maks 40 tahun mendedikasikan hidupnya pada aktivitas pendidikan dan kemanusiaan.

Bertindak selaku Tim Juri yang berkunjung ke Rumah Koran di Desa Kanreapia Kecamatan Tombolopao Kabupaten Gowa, adalah, Dr. Ir. Paulus Wiryono Priyotamtama, SJ dari Corporate Fasility Management of Kompas Gramedia, Savic Ali Direktur NU Online, dan Indrawati dari Universitas Atma Jaya.

Laporan : Anwar / Irsyal – Editor : Dedy