Satres Narkoba Polres Palopo, Ungkap Tiga Pemuda Menguasai Shabu, Satu Melarikan Diri

PALOPO, KATASATU.com – Satuan Res Narkoba Polres Palopo ungkap tiga orang pemuda yang menguasai narkotika, jenis shabu, namun satu lainnya berhasil melarikan diri dari pengejaran polisi.

Pengungkapan dan penangkapan, terhadap tiga orang pemuda, terduga penyalahgunaan Narkotika, jenis shabu ini, dilakukan sekira pukul 22.30 Wita, Sabtu, 02 Februari 2019.

Awal penangkapan di lakukan di Jl. Cakalang Kelurahan Suru Tangnga Kecamatan Wara Timur Kota Palopo, yang dipimpin oleh Akp. Zainuddin, didampingi oleh sejumlah personilnya.

Pada Tempat Kejadian Perkara (TKP) pertama, yakni di kediaman AH alias K (19) di Jl. Cakalang Kelurahan Suru Tangnga Kecamatan Wara Timur. Polisi berhasil mengamankan terduga pertama, kemudian dilakukan penggeledahan, dan menemukan 1 sachet dalam penguasaannya.

” Setelah kita amankan terduga pelaku pertama dan barang buktinya, kita lakukan intrograsi. Dari keterangan itu kita dapatkan nama baru, yang selanjutnya kita kembangkan, mencari nama dan alamat dimaksud,” ungkap AKP Zainuddin.

Berbekal keterangan hasil interogasi itu, sekira pukul 23.15 Wita, personil Satres Narkoba Polres Palopo, lakukan pengembangan dan menuju ke TKP kedua di Jl. Cakalang, dirumah terduga kedua yakni RS (22).

Dialamat TKP kedua, polisi mendapati dua orang pemuda, yakni RS (22) dan U, namun disaat dilakukan penggeledahan, RS dan U memanfaatkan situasi untuk melarikan diri.

Saat dilakukan pengejaran kepada dua orang tersebut, tim sat Narkoba Polres Palopo hanya berhasil menemukan dan menangkap RS dan mengamankan barang bukti sebanyak 2 sachet shabu, namun gagal menemukan pemuda berinisal U.

” Saat kita lakukan penggeledahan, RS dan U, manfaatkan situasi untuk melarikan diri, kemudian kita kejar, RS berhasil kita amankan, tapi U berhasil melarikan diri,” kata Kasat Narkoba Polres Palopo

Setelah aparat Kepolisian melakukan introgasi, RS menyebutkan jika 2 sachet barang haram tersebut didapatkannya, dengan cara membeli, dari seorang pria WM (22), warga Jl. Landau Jl. Landau Kelurahan Pontap Kecamatan Wara Timur Kota Palopo

” Dari keterangan RS kita kemudian, menuju ke TKP ketiga di Jl. Landau, sekira pukul 24.20 Wita, dan mendapati WM di kediamannya, kemudian kita lakukan penggeledahan dikamar terduga pelaku ke tiga ini, dan menemukan 6 sachet shabu,” terang Akp Zainuddin

Kembali dilakukan introgasi, dan WM mengatakan jika barang haram itu adalah terduga pelaku U yang berhasil melarikan diri, dimana saat ini polisi telah memasukkannya sebagai Daftar Pencarian Orang atau DPU kasus narkoba.

Dari drama pengungkapan dan penangkapan tiga terduga pelaku tersebut, dan di tiga TKP, polisi mengamankan sejumlah barang bukti masing masing lokasi, antara lain, TKP I, 1 sachet shabu, 1 HP IPONE 5, TKP II, 2 sachet shabu, 1 HP OPPO, 1 Ball sachet kosong, 1 Pirex Kaca, 1 penutup botol air muneral tertancap pipet putih, 1 sendok shabu, 2 korek gas api, 1 tissue putih pembersih kaca pirex, kemudian di TKP III, 1 sachet sedang yang berisi shabu, 5 sachet kecil yang berisi shabu, uang tunai 900 ribu rupiah,1 HP samsung warna hitam dan 1 Card ATM Bank BNI.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, tiga pemuda tersebut, yang merupakan terduga pelaku penyalahgunaan narkotika jenis shabu, kini diamankan di Mapolres Palopo.

( Awi Celebes)