Sehari, Kabupaten Mamasa Telah Diguncang Gempa Bumi Sebanyak 6 Kali

oleh

KATASATU.COM | SULBAR. Hari ini Sabtu, (03/11/2018) pukul 16:44:06 Wita, Kabupaten Mamasa kembali diguncang gempabumi tektonik dan hingga pukul 17:28 Wita tercatat sudah 6 kali guncangan dalam sehari ini.

Dari hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi yang terjadi pada pukul 16:44:06 Wita ini, berkekuatan M =4.9 Skala Richter dimana lokasi pusat gempa berada di darat, 12 Km Tenggara Mamasa, propinsi Sulawesi Barat pada koordinat 2,93 LS – 119.44 BT dengan kedalaman 10 km.

Jika ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini terjadi diperkirakan akibat aktifitas Sesar Saddang.

Dan dari hasil pemodelan shakemap, getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala II MMI di Mamuju, III MMI di Tana Toraja, III-IV MMI di Mamasa dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi.

Pada skala ini digambarkan getaran dirasakan oleh banyak orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang dan jendela kaca pun bergetar.

Terkait gempabumi tersebut, BMKG menghimbau kepada masyarakat disekitar lokasi sumber gempabumi agar tetap tenang dan tetap menunggu informasi dari resmi dari BMKG.

Sumber : Kepala BMKG Tana Toraja / Editor : Wdn