Tak Ada Tali Akar Pun Jadi, Ada Bambu Rakit Pun Jadi

oleh

KATASATU.COM | TORAJA UTARA. Bersih itu sehat, kalimat itulah yang di sampaikan oleh Ruth R. Palilu, SE yang menjabat sebagai Lurah Laang Tanduk, Kecamatan Rantepao, di ruang kerjanya, Sabtu (3/11/2018).

Menurut Ruth bahwa sadar kebersihan itu dimulai dari pribadi kita terlebih dahulu dengan memperhatikan lingkungan sekitar agar tercipta keindahan dan kenyamanan serta udara yang sejuk nan sehat.

Seperti halnya lingkungan sepanjang bantaran sungai yang kelihatan kotor dan jorok akibat sampah yang dibuang masyarakat ke sungai dan terbawa arus sungai sampai tersangkut, sehingga itu jika tidak diperhatikan untuk dibersihkan maka bisa mendatangkan berbagai penyakit bagi masyarakat sekitar.

“Sungai sekarang beda dengan keadaan sungai yang dulu karena sudah kelihatan kotor dan jorok sehingga kami pemerintah kelurahan Laang Tanduk bersama masyarakat berinisiatif membersihkan pinggir dan sepanjang sungai di bawah jembatan singki”, ungkap Ruth.

Lanjut Ruth bahwa itu kami membuat rakit sederhana dari bambu untuk digunakan membersihkan sampah sepanjang sungai di jembatan singki’ yang setiap saat menjadi lokasi persinggahan sampah.

“Ini bentuk alat sederhana yang kami buat dan sekiranya kedepannya bisa lebih meningkat fasilitasnya dan kegiatan ini juga sebagai bentuk cinta lingkungan yang bersih dan sehat”, jelas Lurah Laang Tanduk.

Jadi bentuk kegiatan kami tersebut adalah pungut sampah dari sungai yang kemudian di bakar sehingga kedepannya harapan kita setiap bantaran sungai terlihat bersih dan tertata baik yang bisa menjadi tempat rekreasi, tutup Ruth.

Penulis : Wdn / Editor : Rdk