Thoriq Husler Lepas Adu Balap Ojek Gabah

oleh -12 views

LUWU TIMUR KATASATU.com – Puluhan ojek gabah yang biasanya membantu petani mengangkut hasil panennya di aeral persawahan kini terlihat berbeda. Berpakaian layaknya pembalap sepeda motor.

Puluhan ojek gabah itu beradu kemampuan mengikuti lomba grasstrack atau adu balap ojek gabah yang berlangsung di areal persawahan Desa Lestari, Kecamatan Tomoni, Sabtu (15/12/2018).

Kegiatan adu balap ojek gabah ini membuat membuat Bupati Luwu Timur, H.M.Thorig Husler, turun kesawah, didampingi Kepala Desa Lestari, Nahman dan Kabag Humas dan Protokol, Alimuddin Bachtiar.

Layaknya pembalap profesional yang berada di lintasan, para ojek gabah ini juga saling salip menyalip dalam lomba tersebut.

Kondisi medan yang berlumpur membuat para peserta juga terlihat kesulitan menaklukkan lintasan sirkuit. Bahkan sesekali ada juga peserta yang kerap kali terjatuh. Penonton yang hadir pun juga tampak memberikan support kepada jagoan masing-masing.

Kepala Desa Lestari, Nahman mengatakan, kegiatan adu balap ojek gabah ini dalam rangka memperingati Hari Jadi Desa Lestari ke-28. Selain itu, juga bentuk hiburan dan syukuran warga usai panen yang melimpah dan persiapan kembali untuk memasuki musim tanam.

“Adu balap ojek gabah ini untuk menghibur warga. Selain itu, untuk peringati hari jadi Desa Lestari ke-28,” ungkapnya.

Bupati Luwu Timur, HM. Thorig Husler, mengaku sangat senang menyaksikan lomba adu balap ojek gabah ini. Menurutnya, selain unik, balapan ojek gabah ini juga bisa menjadi sarana hiburan baru bagi masyarakat.

“Saya terhibur ya. Masyarakat yang menonton juga terlihat antusias,” kata Husler.

Ia juga berharap agar adu balap ojek gabah ini bisa terus dilestarikan dan diperlombakan. Namun ia juga tetep menekankan pentingnya menjaga keamanan, baik dari sisi pelaksanaan kegiatannya, termasuk pula para peserta lomba agar tetap menggunakan pakaian yang aman untuk berlomba. (hms/ikp/kominfo)