Video : Inovasi Desa Di Kecamatan Kesu Menghadirkan Industri Batik Toraja

oleh -47 views

TORAJA UTARA, KATASATU.com – Rapat inovasi desa di kecamatan Kesu, Lembang Rinding batu, yang digelar oleh Tim Pengelola Inovasi Desa (TPID) dan dihadiri oleh Reiner T. Payungallo sebagai kepala Lembang Rinding Batu, YS. Dalipang selaku ketua BPL Rinding Batu, pendamping Desa kecamatan Kesu, kepala Dusun, ketua BUMDES, mencoba mengangkat industri batik Toraja tradisional. Senin (26/11/2018)

Ide yang di identifikasi tersebut di serahkan ke kabupaten dan di lakukan capture di kecamatan Kesu dimana yang menjadi capture tersebut di Lembang Rinding Batu adalah usaha pembatikan yang dikelolah oleh Lukman.

Program ide inovasi desa menurut YS. Dalipang yang mantan Pj. Bupati Toraja, sangat bagus untuk menopang peningkatan ekonomi masyarakat namun selama ini menjadi masalah adalah mekanisme pemasaran akan hasil usaha dari para masyarakat dan dukungan pendampingan agar tidak macet di tengah jalan.

Dan dalam pendampingan akan pelaku usaha masyarakat yang akan di topang adalah harga menuju pasar persaingan serta kwalitas dari hasil produksi dan melakukan pelatihan kepada generasi muda sebagai pusat edukasi dan ekonomi produktif peningkatan usaha rumah tangga.

Lukman selaku pencetus pembatikan Toraja yang dikunjungi oleh TPID di puncak karassik, Lembang Rinding Batu, menjelaskan jika proses desain sampai proses penyelesaian batik itu membutuhkan waktu 2 Minggu karena masih menggunakan pembatikan manual.

Untuk diketahui jika jumlah produksi batik Toraja yang dibuat oleh Lukman masih terhitung terbatas dan masih sangat langka di dapatkan di pasaran karena prosesnya masih menggunakan pembatikan secara tradisional.

Penulis : Wdn / Editor : Rdk