Walikota Makassar Hadiri Uji Kompetensi Wartawan, Penguji dan Penilainya PWI Pusat Bersama Dewan Pers

oleh -20 views

MAKASSAR. Katasatu.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulawesi Selatan (Sulsel) gelar Uji Kompetensi Wartawan selama dua hari 3-4 Desember 2018 yang di laksanakan di Lantai II Hotel Swiss Bellinn, Panakukang Kota Makassar.

Membuka secara resmi UKW yang di gelar PWI Sulsel. Walikota Makassar Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto, dalam sambutannya mengatakan, Uji Kompetensi harus dan wajib menjadi perhatian bagi para pelaku media, guna menjaga serta meningkatkan kualitas serta profesionalisme para wartawan dalam melaksanakan tugasnya.

” UKW ini menjadi sangat penting dan keharusan bagi para wartawan, untuk mengikutinya, agar menjadi kompeten saat menjalankan tugasnya,” katanya.

Tak hanya itu, Walikota Makassar juga sangat mengapresiasi pelaksanaan UKW ini, dimana menurutnya, ujian kompentensi dapat meningkatkan kemampuan wartawan dalam menyajikan berita, sesuai dengan kode etik jurnalistik, serta aturan yang berlaku saat ini.

” Kita apresiasi PWI Sulsel dengan UKW ini, tentunya ujian kompetensi ini dapat meningkatkan kemampuan wartawan, yang tentunya pula, sangat diharapkan bersikap netral, serta memerangi Hoax, dan menyajikan berita real, agar masyarakat, pembaca tidak salah menafsirkan berita, sehingga tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat,” Harap Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sulsel Agus Salim Alwi Hamu, mengatakan bahwa UKW ini diibaratkan mengasah pisau, agar semakin tajam, maka akan menambah pengetahuan dan kemampuan bagi wartawan dalam penyajian berita.

” UKW ini seperti sebuah pisau, semakin diasah maka akan bertambah ilmu dan kemampuan serta skill bagi para wartawan dalam menyajikan berita,” imbuhnya

Hal senada pula disampaikan oleh salah satu, penguji UKW ini, yakni Izaac Tulalessy, yang juga merupakan ketua PWI Maluku, setelah mengikuti ujian dan dinyatakan berkompoten maka gunakanlah ilmunya saat bertugas, agar kelak menjadi wartawan yang handal.

” Setelah melalui Ujian Kompetensi Wartawan ini, dan dinyatakan lulus maka gunakanlah ilmunya sebaik mungkin saat bertugas, agar kelak menjadi wartawan yang handal.” Pungkasnya.

Sekedar di ketahui, jumlah peserta 40 orang perwakilan berbagai media dan daerah, yang tim penguji serta penilainya PWI, dari berbagai Provinsi, seperti dari Maluku, Surabaya, Jakarta juga Makassar, dan Anggota Dewan Pers.

Penulis : D3y / Editor : Fatma

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.